Rabu, 13 November 2013

Metode dan startegi untuk keterampilan istima’

Metode dan startegi  untuk keterampilan istima’ pembelajaran bahasa arab
Di MAN 02 batusangkar
A.    Pendahuluan
Didalam mempelajari bahasa arab ada empat factor yang harus kita kuasai dalam mempelajari nya, istima’, kalam, qiraah, dan kitabah. Empat factor ini sangat berperan penting dalam pembelajaran bahasa arab karena keempat factor inilah yang akan membantu siswa memahami pembelajran bahasa arab ke ringkat selanjutnya.
Dalam penelitian kali ini, penulis akan membahas mengenai metode dan strategi yang tepat dalam mempelajari bahasa arab untuk keterampilan mendengar. Karena setelah dilakukan observasi dan wawancara di sekolah MAN 02 batusangkar pada kelas XII semester satu, penulis tidak menemukan metode dan strategi yang tepat dalam pembelajaran tersebut. Dalam hal ini guru yang mengajarkan keterampilan mendengar ini memang sudah menerapkan active learning, yang memusatkan pembelajaran hanya kepada siswa. Sehingga siswa mampu mempersiapkan pembelajaran dirumah. Dan ini menjadikan guru tidak banyak bekerja.
Sedangkan untuk metode dan strategi yang dilakukan tidak nampak. Bahkan untuk media yang digunakan guru hanya memakai media yang ada. Seharusnya di zaman yang serbah cangi ini dan di zaman yang penuh dengan teknologi ini seharusnya seorang guru bisa memanfaatkan alat ataupun teknologi yang ada untuk pembelajaran, sehingga siswa tidak junuh dan bosan dalam pembelajaran bahasa arab. Karena pada saat sekarang ini guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajran tersebut.





B.     Pembahasan
1.      Pengertian Pembelajaran Maharah Istima’
keterampilan menyimak (mahara al-istima’/listening skill) adalah kemapuan seseorang dalam mencerna atau memahami kata atau kalimat yang diujarkan oleh mitra bicara atau media tertentu. Kemampuan ini sebenarnya dapat dicapai dengan latihan yang terus menerus untuk mendengarkan perbedaan-perbedaan bunyi unsure-unsur kata (fonem) dengan unsure-unsur lainnya menurut makraj huruf yang betul baik lansung dari penutur aslinya maupun melalui rekaman.
Menyimak dapat didefenisikan suatu aktivitas yang mencangkup kegiatan mendengar dan bunyi bahasa, mengidenfikasi, menilik, dan meriaksi atas makna yang terkandung dalam bahan simakan. (Djago Tarigan, 1991: 4).
Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambing lisan-lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menagkap isi, serta memahami makna komunikasi yang tidak disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. (Tarigan: 1983)
Menyimak adalah sarana pertama yang dugunakan manusia untuk berhubungan dengan sesama manusia dalam tahapan-tahapan tertentu, melalui menyimak kita mengenal mufradat, bentuk-bentuk jumlah dan tarakib. (saiful Mustafa, 2011: 201)
Secara umum, ketrampilan menyimak yang dimaksutkan sebagai kemampuan siswa untuk memahami bunyi atau ujaran dalam bahasa arab dengan baik dan benar. Yunus membagi kemampuan menyimak menjadi empat, yaitu:
a.       memahami makna secara global
b.      menafsirkan kalimat yang didengar
c.       memberikan analisis terhadap kalimat yang didengar
d.      memahami dengan penuh hati dari apa yang didengar
empat macam keterampilan menyimak tersebut merupakan gradasi yang secara metodologis juga perlu dipertimbangkan dalam proses pembelajaran. Pada tahap awal yang perlu ditekankan adalah keterampilan menangkap maksut dari apa yang didengar secara global. (Saiful: 2011) 
2.      Tujuan Pembelajran Maharah Istima’
Menyimak merupakan hal yang sangat luar biasa karena dengan menyimak kita bisa membedakan bunyi-bunyi yang kita dengar bahkan kita lebih dahulu bisa mendengar dari pada berbicara.
Diantara tujuan pembelajaran bahasa arab adalah:
a.    Mengetahui dan membedakan suara huruf-huruf arab dengan baik dan benar.
b.   Mengetahui dan membedakan harakat panjang dan pendek.
c.    Membedakan suara huruf yang hampir sama dalam pengucapannya
d.   Mengetahui dan membedakan suara huruf yang bertasdid dan bertanwin.
e.    Mengetahui hubungan rumusan suara dengan rumusan tulisan.
f.    Menyimak bahasa arab tanpa mendalami gramatikal struktur makna.
g.   Mendengar dan memahami kosa kata bahasa arab sesuai struktur percakapan sehari-hari.
h.   Mengetahui perubahan makna sesuai perubahan bentuk kata.
i.     Memahami pengunaan bentuk-bentuk kata bahasa arab dalam menyusun kata untuk mengungkapkan maknanya.
j.     Memahami pengunaan mudzakar, muannast, ‘adad, af’al, dan lainnya dari aspek pengunaannya dalam bahasa untuk memperjelas makna.
k.   Memahami makna yang berhubungan dengan beragam aspek dan kebudayaan asing.
l.     Mengetahui materi dalam kata bahsa arabterkadang berbeda dari maknanya dan hampir sama dengan bahasa pengajar.
m. Memahami apa yang diingginkan pembicara ketika mengungkapkan sesuai keadaan.
n.   Mengetahui jenis-jenis fi’il yang mewakili percakapan yang membutuhkan jawaban.
o.   Meminta manfaat dari kepastian aspek-aspek tersebut dalam pengaplikasian menyimak bahasa arab sehari-hari.

3.      metode pembelajaran maharah istima’
metode pembelajaran mahara istima’ mempunyai beberapa metode salah satu diantaranya adalah metode intikoiyah, thariqah intikoiyah adalah metode yang bertujuan untuk mempelajari bahasa arab dari empat keterampilan berbahasa, yaitu maharah istima’, maharah kalam, maharah qiraah, dan maharah kitabah. Dan komponen ilmu-ilmu bahsa arab.
Maka dari itu tjuan dari metode ini adalah pengembangan pembelajaran bahasa arab untuk semua materi bahasa. Untuk keterampilan mendengar ini guru memperdengarkan teks hiwar di dalam pembelajaran dengan membaca jahriyah secara bersama-sama setelah itu guru memberikan mufrodat baru seputar hiwar dam menulisnya di papan tulis beserta sinonim dan antonim dan maknanya. Dan disetiap satu pokok bahasan terdapat lima atau tujuh mufrodat bahkan lebih dan diharuskan setiap murit untuk menghafalnya di kelas maupun dirumah.
Dan setelah membaca teks dan menulis mufrodat guru meminta murit dengan latihan seputar teks untuk mengetahui pemahan materi yang dipelajari seperti menjawab soal.
4.      strategi pembelajaran maharah istima’
Pada umumya, pembelajaran istima’ disampaikan dengan media audio. Hal ini dikarenakan untuk mendatangkan pengetahuan asli tidaklah mudah, sementara itu jika dilakukan oleh guru langsung yang bukan oleh orang arab asli, biasanya ada perbedaan logat ddengan bahasa aslinya. Media audio yang biasa digunakan adalah tape recorder, compact disk, dan laboratorium bahasa.
Ada tiga macam strategi pembelajaran istima’ dengan menggunakan media tape recorder, compact disk :
p.      strategi menggunakan potongan teks
Strategi ini bertujuan untuk melatih kemampuan mendengarkan bacaan dan memahami isi bacaan secara global. Dalam strategi ini yang dibutuhkan adalah rekaman bacaan dan potongan-potongan yang terkait dengan isi bacaan tersebut untuk dibagikan kepada siswa.
Langkah-langkahnya adalah :
1)      bagikan potongan-potongan teks yang dilengkapi dengan alternatif jawaban benar atau salah.
2)      Perdengarkan bacan teks atau nash lewat kaset atau compact disk, dan para siswa ditugaskan untuk menangkap isi bacaan secara umum.
3)      Setelah bacaan selesai, para siswa diminta diminta membaca pernyataan-pernyataan yang telah dibagikan, kemudian memberikan jawaban benar atau salah terhadap pernyataan tersebut. Jika pernyataan tersebut sesuai dengan isi bacaan yang didengar, berarti benar, dan jika tidak sesuai maka jawabannya salah.
4)      Mintalah masing-masing siswa untuk menyampaikan jawabannya.
5)      Perdengarkan sekali lagi  kaset tersebut agar masing-masing siswa dapat mencocokan kembali jaweaban yang telah ditulis.
6)      Berikan klarifikasi terhadap semua jawaban tersebut agar semua siswa mengetahui kebenaran dari jawaban masing-masing.

q.      Strategi merekam
Strategi ini lebih menekankan pada aspek kemampuan memahami isi bacaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengiringi dalam semua bacaan tersebut.
Langkah-langkahnya adalah :
1)      Mendengarkan bacaan teks atau nash yang sudah didengar dalam kaset atau compact disk.
2)      Mintalah semua siswa untuk mendengarkan dan mencatat hal-hal yang penting.
3)      Mintalah semua siswa untuk menjawab soal-soal yang disampaikan pada akhir bacaan tersebut ( jawaban dapat disampaikan secara lisan maupun tertulis )
4)      Mintalah masing-masing siswa untuk menyampaikan jawabannya ( persentasi)
5)      Berikan klarifikasi diakhir sesi terhadap jawaban siswa.
r.        Strategi menggungkap kembali ( presentasi )
Strategi ini tidak hanya menitik beratkan pada aspek kemampuan memahami isi bacaan, tetapi juga kemampuan untuk mengungkapkan kembali apa yang sudah didengarnya dengan bahasa sendiri.
Langkah-langkahnya adalah :
1)      Perdengarkan teks bacaan atau nash yang sudah direkam dalam kaset atau dalam bentuk compact disk ( sidi )
2)      Tugaskan kepada setiap siswa untuk mencatat kata-kata kuncinya sambil mendengarkan tadi.
3)      Setelah selesai, para siswa diminta untuk mengungkapkan kembali isi bacaan tersebut dalam bentuk tulisan atau tulisan.
4)      Mintalah setiap siswa untuk menyampaikan (mempresentasikan ) hasilnya secara bergantian.


5.      Pengabungan metode dan strategi untuk pembelajaran bahasa arab
Pada pembelajaran ini aspek kemampuan mendenagr lebih diutamakan. Maka dari itu guru mengunakan strategi merekam untuk pembelajaran ini.

Langkah-kangkahnya adalah:
a.       Guru memperdengarkan teks hiwar.
b.      Guru meminta murit untuk mengulangi hiwar secara bersama-sama.
c.       Siswa mendengarkan dan mencatat hal-hal yang penting.
d.      Kemudian guruh memberikan mufrodat baru seputar hiwar
e.       Lalu guru memberikan pertanyaan seputar hiwar
f.       Mintalah siswa untuk menjawab hiwar tersebut
g.      Kemudian mintalah siswa untuk menyampaikan jawaban didepan kelas.
h.      Berikanlah klarifikasi di akhir sesi jawaban siswa.














PENUTUP
A.    Kesimpulan
menyimak adalah mendengar secara khusus dan terpusat pada objek yang disimak (Natasasmita Hanapi, 1995: 18). Ada beberapa pembelajaran menyimak yaitu:
1.      Mengetahui dan membedakan suara huruf-huruf arab dengan baik dan benar.
2.      Mengetahui harakat panjang dan pendek.
3.      Membedakan suara huruf yang hampir sama dalam pengucapannya.
4.       Mengetahui dan membedakan suara huruf yang bertasdid dan bertanwin.
5.      Mengetahui hubungan rumusan suara dengan rumusan tulisan.
Kelebihan pembelajaran mahara (istima’) adalah sebagai berikut:
1.      Melatih kecermatan dalam mendengarkan/memperhatikan.
2.      Lebih kuat diingat.
3.      Cepat mengerti.

B.     Saran
         Dalam hal ini, penulis merasa perlu untuk memberikan usulan atau saran kepada guru-guru bahasa arab yang berada di MAN 02 BATUSANGKAR, terutama pengampu mata pelajaran maharah istima’ kelas XII  agar memperbaharui langkah-langka dan strategi pembelajaran maharah istima’ dengan menggunakan strategi direct method, karena menurut penulis strategi ini lebih memiliki kesempatan kepada murid untuk menyimak dan menuturkan apa yang disimak, karena sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa konsep maharah istima’ adalah sebuah keterampilan memprokduksi arus sistem bunyi artikulasi yang bertujuan untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan, dan keinginan kepada orang lain.






















DAFTAR PUSTAKA
Hermawan, Acep, 2011, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Rosydakarya Offest

Mustafa,Saiful, 2011,  Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: UIN Maliki Press




1 komentar:

  1. Assalamualaikum
    Jual Buku-buku pendidikan bahasa untuk skripsi, tesis, disertasi

    Katalog cek disini
    http://lughotudhod.blogspot.co.id/2014/05/tempat-referensi-buku-buku-pendidikan.html

    Syukron

    BalasHapus

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

adam mudinillah. Diberdayakan oleh Blogger.

تابع

زائر

BARU

BARU

SALJU

صوري

رسائل هاتفية مجانية وتكسب نقاط

mico0355Widget> Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/2069063-cara-pasang-gadget-sms-gratis/#ixzz1ueREtT6R

Youk Kita Gabung dengan YM

Klik VSI Yusuf Mansur

Blogroll

EL-BANTANY IT SOLUTION (IT KONSULTAN-NETWORK-HOTSPOT-SERVICE KOMPUTER-SERVICE LAPTOP DAN NOTE BOOK-SERVICE PRINTER-PENYELAMATAN DATA-INSTALASI JARINGAN-RENTAL KOMPUTER-JASA PENGETIKAN)DAN MASIH BANYAK LAGI YANG LAIN DI JALAN SUDIRMAN NO 102 BATUSANGKAR-TANAH DATAR-SUMATERA BARAT (085379388533-085850374648-075271639)

مع بلدي

Blogger templates

Twitter

Iklan