Minggu, 13 Mei 2012

Aksesoris Blog


Pasanglah Aksesoris Blog yang Menunjang Blog Kita


SETELAH membuat blog dan mulai memposting artikel, para blogger disarankan melengkapi blognya dengan aksesoris-aksesoris khusus untuk blog (widget, gadget, dsb). Tentunya, akan lebih baik lagi jika aksesoris-aksesoris tersebut sangat user friendly dan berkaitan erat dengan konten blog itu sendiri. 


Tujuan pemasangan aksesoris blog selain bisa menunjang performance blog juga bisa bermanfaat untuk para pengunjung lain yang tidak mempunyai blog atau para non-blogger (p.s: istilah ini hanya diberikan sekenanya karena penulis belum menemukan istilah yg tepat^^). Contohnya jika blog kita dipasang widget translator dan kamus tentu para pengunjung blog dari belahan dunia lain yang tidak paham bahasa kita akan terbantu dengan aksesoris ini. Begitu pula pengunjung non-blogger yang hanya ingin menerjemahkan teks atau dokumen berbahasa asing bisa mendayagunakan aksesoris dimaksud untuk membantu pekerjaannya dalam hal menerjemahkan bahasa. 

Berikut sejumlah aksesoris standar yang dapat dipasang di blog kita: 


Star Buku Tamu 

Buku tamu blog disebut juga dengan shoutbox atau tagboard. Sama dengan buku tamu situs web, tapi bentuknya lebih sederhana. Fungsi aksesoris ini sangat berguna untuk silaturahmi antar sesama blogger dan menandakan bahwa kita adalah orang yang ramah dan welcome. Banyak situs penyedia buku tamu blog gratis yang bisa di-googling di search engine dengan kata kunci shoutbox atau tagboardShoutmix adalah salah satu penyedia buku tamu blog yang disukai karena servernya cukup stabil. Caranya: 

(a) Daftar di alamat di atas, ikuti semua perintahnya; (b) Setelah selesai, log-in dengan id dan password yang sudah terdaftar; (c) Klik menu “Code Generator”; (d) Pilih Full-frame shoutbox; (e) Klik “Generate the Code”; (f) Copy kode HTML yang ada, dan masukkan ke template blog Anda di bagian Sidebar; (g) Klik SAVE SETTING & REPUBLISH. Selesai. 
Untuk layanan buku tamu selain shoutmix, ada juga: oggix dan cbox.  


Star Statistic dan Tracker 

Berfungsi untuk mengetahui berapa pengunjung yang datang setiap harinya, setiap minggu, dan bulan dan dari negara mana saja. Selain itu, ia memberi tahu kita lewat mana pengunjung itu datang: lewat pencarian di google atau via blog/situs lain yang memasang link blog kita. Statistic/tracker gratis yang cukup bagus bisa didapatkan di Sitemeter dan Extreme Tracking. Ada juga layanan tracking dari google yaitu analytics yang fitur-fiturnya cukup lengkap. 


Star Kamus Online/Translator 
Aksesori yang satu ini sangat disarankan untuk dipasang di blog karena bisa membantu pengunjung blog dari belahan dunia lain yang tidak paham bahasa kita. Selain itu bisa dimanfaatkan oleh pengunjung lain yang malas untuk buka-buka kamus lagi. Untuk memasang Kamus Indonesia-Inggris dan Inggris-Indonesia di blog bisa mengambil Kode HTML-nya di http://kamus.net. Sedangkan untuk layanan translator bisa menggunakan googletranslator atau babelfish. 

Star Jadwal Shalat 
Bagi blogger muslim, www.islamicfinder.org menyediakan jadwal shalat lima waktu yang bisa ditempel di blog. Anda bisa pilih berdasarkan kota dan negara. Silahkan ambil kodenya di http://www.islamicfinder.org.  

Star Jam Dinding 
Terkadang saat keasyikan browsing orang sering lupa makan, lupa istirahat, lupa jemput pacar, lupa waktu, dst. Nah, dengan adanya jam di blog mungkin bisa membantu pengunjung mengingat waktu atau bahkan bagi mereka yang tidak punya jam tangan dan jam di ponsel bisa melirik jam di blog. So, bagi yang mau pasang, silahkan pilih di http://clocklink.com dan ambil kodenya. 

Star Kalender 
Pengingat waktu masih kurang? Tambahkan kalender di blog. Anda bisa memperoleh kalender gratis pada situshttp://www.free-blog-content.com. Pilih Kategory kalender yang anda inginkan lalu copy/paste ke side bar blog anda.  

Star Peta Kampung Kita 
Bagi yg ingin melihat nama dan peta kampung kelahiran nempel di blog, buruan daftar ke http://feedmap.net 

Masih banyak lagi aksesoris lain yang bisa dipasang di blog kita, namun, yang terpenting pastikan bahwa aksesoris tersebut bisa menunjang blog kita dan bukan sebaliknya. Selain itu, selalu pastikan aksesoris blok telah running well dan user friendly. 

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

adam mudinillah. Diberdayakan oleh Blogger.

تابع

زائر

BARU

BARU

SALJU

صوري

رسائل هاتفية مجانية وتكسب نقاط

mico0355Widget> Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/2069063-cara-pasang-gadget-sms-gratis/#ixzz1ueREtT6R

Youk Kita Gabung dengan YM

Klik VSI Yusuf Mansur

Blogroll

EL-BANTANY IT SOLUTION (IT KONSULTAN-NETWORK-HOTSPOT-SERVICE KOMPUTER-SERVICE LAPTOP DAN NOTE BOOK-SERVICE PRINTER-PENYELAMATAN DATA-INSTALASI JARINGAN-RENTAL KOMPUTER-JASA PENGETIKAN)DAN MASIH BANYAK LAGI YANG LAIN DI JALAN SUDIRMAN NO 102 BATUSANGKAR-TANAH DATAR-SUMATERA BARAT (085379388533-085850374648-075271639)

مع بلدي

Blogger templates

Twitter

Iklan